Minggu, 07 April 2013

Enrico Piaggio Pencipta Lebah Besi

Enrico Piaggio
         Kebesaran nama vespa tak serta hadir begitu saja. Adalah Enrico Piaggio yang menciptakan kelahiran si lebah besi ini. Dulunya pabrikan piaggio didirikan untuk memperoduksi peralatan kapal, rel kereta hingga gerbong kereta api. Tapi saat dunia perang dunia pertama bergulir, pabrikan yang berdiri pada 1884 di itali ini beralih memproduksi pesawat terbang.

         Namun pada akhir perang dunia kedua, pabrikan ini di bom oleh pesawat sekutu. Usai perang, Enrico Piaggio mengambil alih perusahaan dari ayahnya yang bernama 'Rinaldo Piaggio' . Imbas perang tersebut menjadikan perekonomian italia terpuruk yang membuat Enrico Piaggio untuk mendesain alat transportasi murah atau yang di sebut si Lebah Besi .

          Dengan dibantu Corrandino D'Ascanio, Enrico menciptakan roda dua yang terilhami dan berteknologi pesawat terbang. kontruksi suspensi mono shock-nya memudahkan untuk penggantian ban yang di adaptasikan dari roda pesawat terbang. Bodinya pun terbuat dari alumunium layaknya bodi pesawat terbang.

           Vespa untuk pertama kali di produksi pada tahun 1945 adapun nama vespa itu sendiri berasal dari kata ''west'' yang artinya binatang penyengat atau lebah. Dan bila melihat kontruksi vespa yang di bawah ini , bentuknya memang seperti lebah. 


                                                   

1 komentar:

  1. terimakasih buat enrico piaggio yang menciptakan vespa , kalau tidak ada beliau tidak akan ada namanya vespa yang mendunia

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.