Apakah karburator vespa bisa diganti dengan karburator RX KING? Bagaimana caramengganti karburator vespa dengan karburator RX KING? Mungkin membaca judul artikel ini banyak yang tidak percaya. Namun memang begitu adanya, ya mengganti karburator vespa dengan karburator RX KING yang dari secara bentuk sudah jauh berbeda dan dari silsilah keluarga juga tidak nyambung. Berkat keisengan dan percobaan yang dikakukan oleh Sigit Prasetyo seorang mekanik vespa di salah satu bengkel vespa di Pekalongan Metro, Lampung, akhirnya terjadilah persilangan antara motor Italia dan Jepang.
Mungkin belum banyak yang tau bagaimana cara memasangnya, serta keuntungannya. Menurut Sigit keuntungan mengganti karburator vespa dengan karburator RX King adalah lebih mudah dalam pemakaian, setting, perawatan, karburator standar vespa sering banjir ketika mesin lama tidak dihidupkan sehingga menyulitkan ketika pengendara vespa akan menghidupkan mesin. Selain itu Sigit juga mengatakan kalau menggunakan karburator RX King lebih hemat bahan bakar dan lebih bertenaga.
Menurut Sigit cara mengganti karburator vespa dengan karburator RX KING cukup mudah dan sederhana. Alat dan bahan yang harus disiapkan antara lain;
1. Karburator motor Yamaha RX King
2. Membran lubang hisap karburator RX King.
3. Leher angsa atau lubang Manifold
leher angsa ini dibuat sendiri menggunakan alumunium untuk bentuk nya seperti pada gambar
untuk lubang manifold bagian atas dibuat berbentuk persegi ukurannya mengikuti ukuran membran, sedangkan untuk lubang manifold yang menuju bak mesin Sigit mengatakan tidak ada ukuran pasti yang jelas ukuran maksimal lubang manifold sepanjang lidah hisap pada As Kruk.
4. Bahan yang ke empat adalah selang karet untuk radiator pendingin mobil, fungsi selang ini nantinya dijadikan selang penghubung antara membran dan karburator.
CARA MEMASANG
Pertama kali bongkar karburator vespa standar anda, kemudian menggunakan alat bor dan kikir buat sedikit lebar lunag hisap pada bak mesin vespa untuk ukuran seperti yang sudah dijelaskan pada bahan manifold diatas.
Kemudian masih menggunakan bor buat dudukan untuk memasang baut leher angsa. Sigit menyarankan lebih bagus lagi kalau bautnya dilas dengan bak mesin jadi tidak terlalu merusak bak mesin (lihat pada gambar manifold) kemudian menggunakan gasket dan lem pasangkan leher angsa dengan mbak mesin dan kencangkan dengan mur.
Selanjutnya untuk menghubungkan antara membran dan karburator gunakan karet selang radiator mobil, jangan terlalu panjang yang penting bisa untuk memasang karburator di membran.
kalo tempong kanan di pasang apa bisa nutup gan?
BalasHapuskompresi primernya bukannya jadi berkurang? nyedot udara di karbu jadi lebih pelan ngga?
BalasHapusTolong infonya cara membuat membran. Soalnya vespaku gak pakek membran tp pakek karbulator ninja
BalasHapusbeli dmn
BalasHapusbeli dmn
BalasHapusjual intake sito racing untuk upgrade karbu jepangan 165.000 , line ; rendyalfiian
BalasHapusapakah kruk asnya harus bagus juga (isapan tidak bocor) ?
BalasHapusjustru lebih baik isapan dijebol dan dilebarkan
Hapusapakah kruk asnya harus bagus juga (isapan tidak bocor) ?
BalasHapusasalam om bensin tidak mau turun kenapa ya
BalasHapusHarus ngubahpengapian nggak om
BalasHapusBukan mengubah pengapian .itu slang minyak nya coba benarin jgn sampe ketinggian dari carbu
HapusMau nanya bos kalo pasanv karbu king ke vespa
BalasHapusTalibgas nya pake taligas apa ya?
Mau nanya bos kalo pasanv karbu king ke vespa
BalasHapusTalibgas nya pake taligas apa ya?
Om, apa harus pake membrane? Tadi saya pasang tanpa membrane tapi mesin lama turun ke rpm rendah... Karena beli intake online membrane ga di kirim..hee
BalasHapusMohon jawabannya om... Apakah memang harus pake membran aga rpm cepat turun?